14 January 2009

Pria Lumpuh Bertahan 15 Hari di Laut

SELAMA ini banyak orang yang meragukan kemampuan penderita cacat. Padahal sebenarnya jika mau berusaha, penderita cacat pun bisa berbuat yang jauh lebih baik, bahkan dari orang normal sekalipun.

Seperti yang terjadi di Jepang, awal pekan lalu. Toshiyuki Nashiro, nelayan berusia 55 tahun yang mengalami kelumpuhan pada kaki, ternyata berhasil bertahan hidup setelah selama 15 hari terapung di laut, walau tanpa mengenakan jaket pengaman.

Awal insiden ini terjadi ketika Toshiyuki berlayar sendirian dengan kapal kecilnya. Namun, ketika terjadi ombak kencang di perairan Miyako di dekat laut China Timur, kapalnya pun terbalik. Keluarganya terus mencari, namun tak menemukannya hingga 15 hari kemudian sekitar tiga kilometer dari perairan Miyako.

Saat ditanyai bagaimana caranya dia bisa bertahan, Toshiyuki mengatakan, dia terus mencoba mengapung dengan menggunakan tangannya. Menurutnya, hal terberat yang harus dilaluinya saat itu adalah menjaga agar matanya bisa tetap terbuka. "Mataku cedera karena saya hanya melihat laut. Saya membayangkan wajah-wajah keluargaku, Saya juga percaya pada para penyelamat. Saya tidak khawatiran sama sekali," kata Toshiyuki santai sembari menenggak bir.

Astri Ihsan/AFP

No comments:

Post a Comment