02 April 2009

Gara-gara Apel

Sebuah kasus sempat membingungkan petugas polisi di Warsawa, Polandia dalam tes penggunaan narkoba saat mengemudi, Senin (30/3) lalu. Polisi merasa bingung karena menemukan kandungan alkohol sebesar 0,7 unit dalam darah seorang pria. Yang membuat kasus ini menjadi aneh adalah karena pria bernama Marek Latas tersebut berkeras sama sekali tidak mengonsumsi alkohol saat mengemudi.

Latas pun merasa bingung mengapa darahnya mengandung alkohol padahal dia merasa tidak meminumnya sama sekali hari itu. Latas pun mengungkapkan kecurigaannya bahwa kandungan alkohol itu mungkin berasal dari banyaknya apel yang dimakannya hari itu.

"Saya diabetes, makanya saya memakan apel sebelum mengemudi. Saya tidak pernah terlibat kecelakaan. Saya menjalani pemeriksaan jalan rutin. Saya yakin tidak mungkin ada alhohol dalam darahku," kata Latas yang merupakan anggota parlemen dari oposisi Partai Hukum dan Keadilan.

Polisi pun tengah menginvestigasi kasus ini. Di Polandia, batas kandungan alkohol dalam darah seseorang saat mengemudi tak boleh lebih dari 0,2 unit. Di sana pula, jus apel fermentasi memang kerap digunakan untuk membuat cider, semacam minuman beralkohol yang berasal dari sari buah.

Astri Ihsan/Reuters

No comments:

Post a Comment