02 April 2009

Menjerakan Para Remaja Nakal

Untuk menjerakan para remaja yang sering berkeliaran di wilayah perumahan, warga Mansfield, London, memiliki cara uniknya sendiri. Ketimbang harus terus-menerus menegur tapi tetap saja diabaikan, warga menggunakan cara jitu lainnya, yakni memberikan garis berkilau berwarna merah muda untuk menandai jerawat para remaja yang kedapatan berkeliaran.

Marianne Down dari Perumahan Layton Burroghs mengatakan kepada harian Chad bahwa cara itu ternyata mampu untuk menjerakan para remaja yang sering berkeliaran. Garis merah muda penanda jerawat yang kerap digunakan para ahli kulit tersebut mampu mencegah para remaja untuk berkumpul-kumpul dengan tujuan yang tidak jelas. Para remaja merasa malu dan tidak keren jika wajah mereka dihiasi garis berkilau tersebut.

"Kami selama ini memiliki masalah dengan banyaknya anak muda yang berkumpul di jalan untuk minum-minum. Kami merasa agak terintimidasi. Namun, garis merah muda itu kini membuat perubahan. Mereka sekarang jarang berkumpul dan kami merasa lebih aman bila berjalan di malam hari," katanya.

Untuk masa percobaan, cara tersebut memang dianggap berhasil. Tapi warga Mansfield masih ingin melihat keefektifannya di kemudian hari. Mungkin saja para remaja sekarang masih malu bila ada garis merah muda di wajah mereka, tapi nanti mereka juga mungkin akan menganggap itu sebagai bahan lelucon saja.

Astri Ihsan/AFP

No comments:

Post a Comment