02 April 2009

Panegran William Ingin Ikut Perang di Afghanistan

Dalam hal pengalaman, Pangeran William dari kerajaan Inggris tampaknya tak ingin jauh tertinggal dari sang adik, Pangeran Harry. Setelah Harry sempat mengguncang media di seluruh dunia karena akhirnya ketahuan ikut bertugas militer di Afganistan tahun lalu, kini Pangeran William pun menyatakan keinginannya untuk ikut perang di wilayah konflik tersebut.

Menurut pengakuannya kepada sebuah harian terlaris di Inggris, The News of the World, pangeran berusia 26 tahun yang kini mengikuti pelatihan untuk menjadi pilot helikopter militer ini, menyatakan niatnya untuk ikut bertempur di Afganistan.

“Saya sangat ingin melakukan apa yang Harry telah lakukan di Afganistan. Itulah mengapa kami dilatih. Kami ingin berada di garis depan. Jujur, saya agak cemburu dengan Harry. Semoga, saya akan mendapat giliran,” katanya belum lama ini.

Keinginan William untuk ikut berperang di Afganistan semakin kuat setelah dia pernah mendapat kesempatan merasakan kehidupan militer di Afganistan, meski hanya dengan melakukan perjalanan selama 30 jam ke Markas Udara Kandahar dan Qatar pada April 2008. Willian sendiri telah lulus sebagai tentara pada Desember 2006 dan kini dilatih sebagai pilot penuh waktu di Pasukan Udara Kerajaan (RAF).

Namun, tampaknya keinginan William itu sulit terlaksana. Sebelumnya, Harry yang bergabung dengan tentara Inggris di Afganistan selama 77 hari harus ditarik kembali ke Inggris. Pengiriman keluarga kerajaan di wilayah konflik dianggap sangat sensitif untuk menjadi incaran para pemberontak ataupun meningkatkan risiko bagi rekan-rekan militer yang bertugas bersama mereka.

Astri Ihsan/AFP

No comments:

Post a Comment