02 April 2009

Menu Rumahan di Luar Angkasa

Berada di luar angkasa dengan situasi mencekam dan peralatan serba canggih, mungkin membuat para astronot kangen akan kenyamanan rumah atau setidaknya makanan yang biasa di sajikan di rumah. Ini pulalah yang menjadi pertimbangan para ilmuwan India yang mencoba mengembangkan makanan khas India, Kare, yang cocok disantap saat berasa di luar angkasa.

India memang sedang gencar mengembangkan program luar angkasanya. Dua personil angkatan udara India akan diluncurkan ke orbit dalam proyek ambisius bernilai 2,5 miliar dolar. Sejalan dengan itu, Dr AS Bawa, direktur Laboratorium Penelitian Makanan Pertahanan (DFRL) di Mumbai, Jumat (27/3), mengatakan bahwa ilmuwan makananpun mulai mengidentifikasi makanan-makanan apa yang akan membuat para astronot merasa bagai di rumah saat mereka meluncur ke ruang angkasa.

Makanan tersebut akan dibuat dalam bentuk kering agar ringan dan praktis. Sejauh ini para ilmuwan sudah mencoba membuat kari ayam ataupun daging domba, juga bayam, kacang polong dan jamur. Yang sedang dipikirkan saat ini adalah bagaimana mengemas makanan itu sepraktis mungkin dan bisa dimakan tanpa perlu menggunakan sendok.

Bawa mengakui bahwa makanan itu mungkin tidak akan segurih ataupun sepedas yang biasa dihidangkan di bumi. Semua produk makanan luar angkasa tersebut harus mudah dicerna dan tidak akan menimbulkan gangguan di perut astronot.

Astri Ihsan/AFP

No comments:

Post a Comment