02 April 2009

Pilih yang Dalam Negeri Saja..

Bila kebanyakan orang bermimpi untuk bekerja di perusahaan asing raksasa berteknologi tinggi ataupun multinasional, ternyata tidak demikian dengan kaum muda di Rusia. Menurut sebuah polling yang dilakukan majalah Trud dan dipublikasikan pada Jumat (27/3) lalu, kaum muda Rusia justru lebih memilih untuk bekerja di perusahaan dalam negeri ataupun pemerintah.

Menurut hasil poling yang dilakukan terhadap kelompok umur 16-26 tahun ini, tujuh dari sepuluh pekerjaan yang paling didambakan oleh pelajar di Rusia, yakni di kantor pemerintahan ataupun perusahaan yang dijalankan negara. Perusahaan gas nasional, Gazprom, menjadi pilihan teratas yang dipilih oleh 21 persen responden. Pekerjaan favorit kedua dengan 11 persen pilihan responden, yakni bekerja di pemerintahan Kremlin. Tempat ketiga diisi oleh bank negara, Sberbank.

Pekerjaan perusahaan asing berteknologi tinggi ataupun multinasional tampaknya hanya banyak dimintai oleh kaum muda di Eropa, Amerika ataupun Asia, namun tidak populer di Rusia. Menurut polling, hanya dua persen pelajar Rusia yang mendambakan bekerja di perusahaan pembuat chip Intel, ataupun mesin pencari Google, serta satu persen ingin bekerja di perusahaan raksasa Procter and Gamble, ataupun perusahan minuman Coca-Cola.

Astri Ihsan/Reuters

No comments:

Post a Comment