02 April 2009

Ramalan Perceraian Menurut Matematika

Mungkin tak pernah terpikirkan bahwa banyak hal di dunia ini yang ternyata bisa diramalkan dengan model matematika. Seperti yang dilakukan seorang ahli matematika asal Inggris. Kini dia tengah sibuk membuat formula menurut model matematika yang bisa memprediksi apakah pasangan akan menghabiskan hidup mereka bersama sampai tua ataukah mengakhiri pernikahan mereka dengan perceraian.

Dalam presentasinya di hadapan Royal Society di London, Kamis (26/3), profesor matematika dari Universitas Oxford bernama James Murray ini mengatakan bahwa formula uji cobanya telah berhasil memprediksi apakah pasangan akan bercerai atau tidak. Akurasinya 94 persen dari penelitian yang dilakukan terhadap 700 pasangan.

Sebagai bagian dari penelitian, Murray dan timnya merekam diskuasi pasangan yang baru menikah mengenai isu-isu penting, seperti uang dan seks, dalam waktu 15 menit. Setiap pernyataan diberikan nilai tersendiri. Pernyataan dengan humor atau ungkapan kasih diberikan skor positif, sementara yang dengan kemarahan diberikan skor negatif. Skor akhir akan digunakan untuk mengidentifikasi apakah hubungan tersebut akan mampu bertahan atau justru bercerai.

Astri Ihsan/AFP

No comments:

Post a Comment