26 August 2011

Menghitung Hari Menuju Sarjana ASIX

Horeeeee... Dua hari lagi Al lulus ASI Ekslusif dan resmi berpredikat S.ASIX. Senangnya.. Dua hari lagi saya akan menghadapi tantangan baru, yaitu menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) rumahan untuk Al. Sama seperti komitmen saya untuk memberikan ASI saja selama enam bulan pertama kehidupan Al, untuk MPASI saya hanya akan memberikan homemade food, baik untuk makanan utama maupun cemilannya. Untuk yang satu ini, saya juga harus tegas dan tahan terhadap banyaknya godaan makanan instan yang memang jauh lebih praktis.

Semua perlengkapan MPASI telah saya siapkan, sejumlah buku resep makanan bayi telah saya beli, panduan memberikan MPASI pun sudah banyak yang saya 'lahap', berarti sekarang tinggal menunggu eksekusinya saja. Huaaaa, sudah sangat tak sabar.

Seperti panduan di wholesomebabyfood, creamy avocado alias alpukat mentega plus susu akan menjadi makanan pertama Al. Four days waiting rule (atau setidaknya tiga hari) akan saya terapkan untuk melihat apakah Al alergi atau tidak pada makanannya. Sementara, menurut panduan Wied Harry, sebaiknya sebulan pertama, bayi hanya diberikan buah saja yang lebih mudah diolah oleh pencernaan bayi. Memasuki bulan ketujuh, barulah bayi diperkenalkan dengan sayuran dan karbohidrat kompleks, seperti bubur.

Btw, menjelang enam bulan, Al kini menjadi sangat aktif. Ia sudah mulai lancar tengkurap & telentang, sudah kuat mengangkat leher dan kepala, sudah mulai merayap dan mengejar mainan, semakin cerewet dan chubby. Al juga sangat tertarik pada buku. Setiap kali saya membaca di dekatnya, ia pun akan sibuk ikut melihat bahkan berusaha merebut buku yang saya pegang. Alhamdulillah, berat Al sekarang naik menjadi 7,6 kg (per 21 Agustus 2011). Rambutnya pun sudah tumbuh lagi. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Doakan semua berjalan lancar dan Al terus sehat...

No comments:

Post a Comment