17 September 2011

Pengalaman MPASI 6M+ Al

Sudah lebih dari dua minggu sejak Al menikmati MPASI perdananya. Alhamdulillah, sejauh ini Al makannya lahap dan tidak alergi. Menyiapkan MPASI Al pun ternyata tidak terlalu repot, bahkan sekarang menjadi aktivitas baru yang menyenangkan bagiku.

Seperti yang telah direncanakan, MPASI pertama Al adalah puree alpukat mentega. Cukup tercengang dengan harga alpukat mentega di t*tal, nyaris Rp40 ribu/kg. Tapi, demi Al, beli aja deh :D. Puree pertama Al ini dicampur dengan ASI sekitar 20 cc untuk setengah alpukat. Tidak terlalu encer, tapi tidak terlalu kental. Al makan puree alpukatnya dengan lahap. Bahkan, tangan saya pun sampai ditarik-tarik agar memasukkan sendok ke mulutnya. Al makan sekitar tujuh sendok bayi. Awal yang bagus, son!

Awalnya, saya berniat mengikuti aliran Wied Harry, yang menyarankan bayi hanya diberikan buah saja di usia enam bulan. Buah-buahan yang sudah dinikmatin Al: alpukat, pepaya, pear, pisang, apel dan jeruk baby. Al paling suka dengan alpukat dan pisang Ambon. Al tidak begitu suka dengan puree pear murni, kecuali bila dicampur dengan buah lain, seperti pisang. Sementara, pepaya membuat Al tidak pup selama dua hari.

Namun, melihat kemampuan makan Al cukup bagus, saya pun mulai mengenalkan oatmeal, tepung gasol beras merah wangi dan jenis sayuran, diantaranya ubi madu cilembu, butternut squash, kentang dan wortel. Saya pun sudah membeli kabocha dan zukini, yang rencananya akan saya olah menjadi puree saat hari libur nanti.

Sejauh ini, Al sangat menikmati saat makannya. Porsinya pun semakin banyak. Dua minggu pertama, Al hanya makan sekali sehari. Sekarang, frekuensinya pun ditambah menjadi dua kali sehari. Bila masih belum puas, Al akan marah sambil menarik mangkoknya. Tapi, bila sudah kenyang, biasanya Al akan memalingkan wajahnya dan akhirnya nangis deh. ;D

Karena saya seorang WM, yang harus berangkat kerja sangat pagi dan pulang saat hari sudah sangat sore, saya pun akhirnya memilih metode frozen food, memasak makanan Al dalam jumlah banyak (cukup untuk persediaan seminggu), lalu dibekukan. Sekitar dua jam sebelum disajikan, makanannya ditaruh di kulkas bawah. Menjelang waktu makan, tinggal masukkan kotak puree ke magic jar, then bila sudah agak hangat, ready to served dehh..

Sejauh ini, alat yang sangat membantu saya dalam menyiapkan MPASI Al adalah hand blender Phillips. Saya membelinya di Mom, baby and Kids Fair Agustus lalu seharga Rp460 ribu. Hanya dalam beberapa detik, makanan Al jadi halus lus lus lus... Pencipta hand blender ini pastinya orang yang sangat jenius, hehehe..

Mudah-mudahan Al terus lahap makannya, tetap sehat, dan tambah montok. O iya, tepat 6,5 bulan, berat Al naik 900 gram menjadi 8 kg dengan panjang 66,5 cm. Alhamdulillah ya, sesuatu banget... (hahahaha, Syahrini mode on).

No comments:

Post a Comment