02 February 2013

Alair's Appetite

Bicara soal nafsu makan Alair, mungkin paling tepat dikategorikan "suka-suka dia." Kadang dalam sehari ia makan sangat banyak, tapi bisa saja berhari-hari kemudian Alair benar-benar menolak makan. Sudah segala cara saya gunakan untuk membujuk Alair menghabiskan makannya, tapi terkadang sia-sia. Alair geleng-geleng, menutup mulutnya rapat-rapat, atau kabur saat disuap. Tak jarang, Alair hanya menghabiskan satu sendok makan, sisanya ditolak, berantakan dan berserakan di lantai. Seingat saya, nafsu makan Alair mulai tak menentu sejak usianya hampir setahun.

Akhirnya saya pun menyerah dan memilih bersikap lebih santai. Toh, kalau lapar, Alair pasti minta makan sendiri. Sebenarnya Alair sih tidak terlalu pilih-pilih makanan. Kadang makan nasi dan rendang aja habis. Kadang menunya hanya nasi, sayur bayem, tempe goreng dan sarden juga habis. Tapi, ya itu, kadang-kadang. Suka-suka Alair. Satu makanan yang tidak pernah ditolak Alair is spaghetti bolognaise made by mom. *Kibas-kibasCelemek* =D

Sekitar dua bulan terakhir, saya justru lebih sering membiarkan Alair makan sendiri. Alhamdulillah, Alair sudah mulai fasih menyuapi dirinya sendiri. Seringkali masih berantakan tapi saya biarkan saja. Namanya juga proses belajar. Saya hanya menyiapkan makanannya di piring dan membiarkan Al bereksplorasi. Kadang makanannya habis tandas, sering juga lebih banyak yang berserakan di lantai ketimbang yang masuk di dalam mulutnya. Hahaha..

Yang membuat saya tidak terlalu khawatir dengan nafsu makan Alair yang tidak menentu ini karena Alair masih tetap ngemil. Alair paling senang makan buah dan yoghurt, kadang juga ngemil biskuit dan roti. Untuk sekarang, buah favorit Alair itu rambutan, lengkeng, anggur dan pisang. Untungnya Alair sekarang lagi hobi buah lokal, jadi ga perlu beli buah mahal-mahal lagi di Total, Ranch Market atau All Fresh *VivaLaEmakIrit*.

Alair bisa bolak-balik dapur dan kulkas terus bila melihat ada buah-buahan itu. Pisang aja dalam sehari bisa menghabiskan enam buah hahaha.. Soal yoghurt, Alair sih ga pilih-pilih merek dan rasa. Biasanya Elle Vire atau Yummi. Oh iya, khusus makan yoghurt, Alair udah jago banget suapin diri sendiri sampai habis tandas blas. Ga belepotan.

(Kalau kata orang, pantesan ga mau makan nasi kalau ngemilnya sebanyak itu. Haduhh, simpan aja deh teorinya... Yang penting anak gw makan. Toh ngemilnya sehat, buah! Daripada ga makan nasi dan ga ngemil juga. Bisa busung lapar dong anak gw! *LirikJudes*)

Pokoknya semua saya bawa santai aja sekarang. Kalau baca-baca pengalaman orang, katanya nafsu makan anak juga membaik dengan sendiri nanti seiring perkembangan umurnya. Begitu.... :))


No comments:

Post a Comment