05 September 2008

High Heels dan Parfum

Miris banget denger cerita seseorang tentang prasyarat pegawai di kantornya, perusahaan asuransi. Okelah rapi emang is a must, secara kerjaannya bisa dibilang bergerak di bidang jasa, ketemu banyak orang. Tapi kenapa pegawai cewek disana harus pake high heels sekian senti, harus pake pakaian dan tampil begini-begitu.

Eksploitasi perempuan banget sih!!! Emangnya kalo mereka pake celana panjang, pake pakaian yang sopan, ga bakal ada customer yang datang ke mereka? Ya ga lah!!! Kasian banget, sebenernya yang dijual jasanya/produk atau penampilan pegawainya sih?

Yang paling heran, mereka diwajibkan untuk wangi? Haaaaa????!!! Peraturan macam apa itu? Apa hak perusahaan untuk menentukan hal sepribadi itu? Emangnya pegawainya bakal sedekat apa dengan para customer?

Diwajibkan untuk bersih, oke lah! Tapi kalo diwajibkan untuk wangi, mengada-ada banget sih! Kan ga semua orang bisa pake wewangian. Kayak temen gw, yang demennya pake bedak bayi doang. Atau kayak tante gw, yang kulitnya alergi dengan parfum atau semua yang beraroma. Gimana dunk? Menurut gw, selama mereka bersih, penampilan sopan, rapi dan ga bau, itu cukup.

Bukannya gw ga suka wewangian (justru gw suka banget orang yang wangi dan gw sangat suka parfum), tapi menurut gw, kadang-kadang ada perusahaan yang bikin peraturan ga masuk akal. Ya salah satunya, pemaksaan untuk wangi itu.

Mending mikirin bagaimana meningkatkan kualitas para pegawai, daripada mikirin bagaimana penampilannya. Mending wajibin pegawai baca buku yang berkaitan dengan desk jobnya daripada mengharuskan pegawai pake parfum. Mudah2an aja selera parfumnya bagus. Ada juga loh oraang yang ga tahan dengan bau parfum tertentu. Jangan2 ada customer yang kabur lagi cuma karena ga tahan ama bau parfum si pegawai. Hiks!

Maaf kalo ada yang ga sepakat dengan pendapat gw. Tapi, gw yakin 100 persen kalo hasil akhir ga ditentuin sama penampilan aja, tapi lebih melihat ke kualitas dan how u serve ur customer (kecuali bagi para penampil, seperti peragawati, model, artis). Kalo ada customer yang batal beli asuransi, cuma karena pegawai asuransinya ga pake high heels tujuh senti, HAHAHAHA (ngakak miris), boleh dunk gw bilang "dangkal banget sih!!!!". Sekali lagi maaf kalo ada yang ga sepakat ama pendapat pribadi gw.

Regards,

-Astri-

No comments:

Post a Comment