03 September 2008

Mengenang Kisah Lewat Kue Bulan

ADA satu lagi tawaran menarik dan menggiurkan. Festival Pertengahan Musim Gugur. Dari nama saja sudah membuat bertanya-bertanya. Apa ya? Festival pertengahan musim gugur kerapkali disebut sebagai Festival Bulan. Festival ini jatuh hari ke-15 bulan kedelapan kalender China. Ini menjadi salah satu hari raya paling penting di Kalender China, selain Imlek.

Alkisah seorang perempuan bernama Chang Er. Suatu hari Chang Er mencium bau amat wangi. Ternyata bau itu berasal dari pil keabadian pemberian Dewi Surga Barat. Setelah menelan pil itu, Cheng Er pun terbang ke bulan. Dia tak lagi kembali ke bumi. Konon, kecantikan Chang Er akan terpancar paling indah pada masa festival pertengahan musim gugur ini. Saat bulan penuh dan terang.

Apapun legendanya, kini pada Festival Bulan seluruh anggota keluarga dan teman akan berkumpul makan malam bersama. Di bawah cahaya bulan terang sambil menikmati makanan khas musim itu. Makanan itu kue bulan.

Tak mau ketinggalan, Shangri-La Hotel pun merayakan Festival Bulan dengan menawarkan set eksklusif kue bulan. Kue yang mulai tersaji dari 8 Agustus hingga puncaknya 14 September ini, ada empat tipe yang bisa dipilih. Ada paket ukuran tradisional, paket enam kue bulan mini dalam kotak lebar, paket enam kue bulan mini dengan kotak panjang. Lalu paket satu kue bulan mini. Kotak yang eksklusif, paket kue bulan ala Shangri-La ini sangat cocok dihadiahkan pada orang-orang terkasih atau rekan bisnis.

Jelas, ini bukan kue bulan biasa. Selain ditempatkan di kotak mewah nan cantik, kue bulan yang disajikan memiliki pilihan rasa spesial. Chef Benson Fok telah menyiapkan delapan jenis kue bulan, mulai dari biji teratai halus hingga kue bulan yang berisi dragon fruit alis buah naga yang kini populer. Harganya mulai Rp68.888+ hingga Rp238.888+.

Untuk kue bulan tradisional, tersedia rasa white lotus with double egg yolk, lotus with double egg yolk, lotus with egg yolk and kernel nuts, white lotus with egg yolk and kernel nuts, dan white lotus with kernel nuts dan lotus with kernel nuts. Untuk kue bulan versi mini, tersedia rasa red bean with kernel nuts, white lotus with kernel nuts, lotus with egg yolk and kernel nuts dan dragon fruit.

Untuk saya pribadi, merekomendasikan kue bulan kacang merah dengan kacang kernel. Rasanya spesifik meski tidak mencolok. Bagi yang lebih tertarik pada kue bulan dengan rasa tradisional, kue bulan isi telur asin tentu menjadi pilihan paling tepat. Lalu yang lidahnya masih asing dengan rasa kue bulan, cobalah kue buah isi biji teratai dengan kacang kernel. Ini mengingatkan pada rasa kuaci. Atau ingin mencoba kue bulan dengan rasa eksotik dan tidak biasa, tentu kue bulan dengan isi buah naga wajib dipilih.

Menutup Festival Pertengahan Musim Panas, Shangri-La pun akan menggelar makan malam spesial pada 14 September. Ini tradisi ratusan tahun menyantap hidangan bersama teman dan keluarga di bawah sinar bulan purnama, ditemani cahaya ratusan lampion di taman Shangri-La. Jadi, sayang dilewatkan.

Astri Istiana Ihsan
Published @ Jurnas, 23 Agustus 2008

No comments:

Post a Comment