20 October 2008

AS Tuan Rumah Pertemuan Keuangan Global

Presiden Amerika Serikat George W Bush mengumumkan akan menjadi penyelenggara pertemuan pertama mengenai krisis keuangan global. Bush mengungkapkan hal ini pada Sabtu (18/10) setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Prancis Nicholas Sarkozy dan Kepala Komisi Eropa Jose Manuel Barosso di Camp David, Maryland.

Pertemuan pertama dari serangkaian pertemuan yang direncanakan akan berlangsung di Amerika Serikat segera setelah berlangsungnya pemilihan presiden, 4 November mendatang. Menurutnya, negara maju dan berkembang akan menghadiri pertemuan itu dan bersama-sama mencari jalan untuk mengatasi sejumlah krisis ekonomi global.

“Saya menanti untuk menjadi tuan rumah ini dalam waktu dekat. Jadi, kita bisa menjamin bahwa krisis ini tidak akan terjadi lagi,” ungkap Bush.

“Tugas pertama adalah untuk menstabilkan pasar keuangan negara kami sendiri. Karena dunia memiliki interkoneksi, maka sangat penting untuk bekerja bersama,” tambahnya

Menurut Bush, pertemuan pertama akan fokus pada “prinsip-prinsip pembaruan” yang dibutuhkan untuk memperbaiki sistem keuangan dunia. Prinsip-prinsip tersebut akan berdasar pada demokrasi kapitalisme, yakni pasar bebas, perdagangan bebas dan usaha bebas. Pertemuan-pertemuan selanjutnya akan mencari cara untuk mengimplementasikan langkah-langkah spesifik.

Sarkozy pun mengungkapkan hal yang hampir serupa. Sarkozy mengimbau para pemimpin dunia untuk bekerja sama mengubah karakter sistem keuangan global. Dia sempat mengingatkan untuk tidak menjalankan ekonomi di abad 21 ini dengan instrumen-instrumen abad 20. Menurutnya, pertemuan ini akan menjadi kesempatan untuk menaksir kembali keseluruhan sistem keuangan global.

“Ini adalah krisis seluruh dunia, jadi kita harus menemukan solusi seluruh dunia. Tiap-tiap wilayah di dunia ini mencoba menemukan sebuah jawaban atas krisis ini. Tapi jawabannya akan lebih efektif jika kita menemukannya bersama-sama dan membangun kapitalisme masa depan,” ungkap suami model Carla Bruni ini.

Sementara, Barroso mengungkapkan bahwa Uni Eropa telah mengambil tindakan cepat dan terencana untuk mengatasi tekanan pasar keuangan. Namun, tindakan global yang lebih kuat dan efektif merupakan hal yang dibutuhkan saat ini.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pun mengusulkan agar pertemuan tersebut diselenggarakan di markas besar PBB di New York, selambat-lambatnya awal Desember nanti.

Astri Ihsan/Reuters/BBC/Al Jazeera

No comments:

Post a Comment