14 January 2009

Jual Anak Demi Uang, Bir dan Daging

Persoalan perdagangan anak memang telah menjadi masalah global. Tak hanya di negara-negara miskin, negara maju pun menghadapi persoalan ini. Banyak pelaku bahkan merupakan orang tua kandung sang anak. Mereka rela menukarkan anaknya demi mendapatkan keuntungan pribadi, khususnya uang.

Hal serupa terjadi Greenfield, California. Seorang ayah rela menukar putrinya yang masih berusia 14 tahun dengan uang tunai sebesar US$16 ribu, 100 kaleng bir dan sejumlah daging.

Terungkapnya kasus ini juga cukup aneh. Sang ayah yang telah tega menjual putrinya ini justru melapor ke polisi, Selasa (13/1), dan menceritakan masalah ini setelah sang pembeli tak memenuhi janjinya. Pria berusia 36 tahun ini mendatangi polisi meminta bantuan agar putrinya bisa dikembalikan.

Mendengar cerita pria ini, polisi bukannya merasa simpatik, justru langsung menahannya dengan tuduhan perdagangan manusia. Sang pembeli yang baru berusia 18 tahun mengakui hanya bermaksud menikahi anak perempuan tersebut. Namun, dia pun terpaksa digelandang ke penjara karena dituduh telah melakukan pemerkosaan terhadap gadis muda itu. n Astri Ihsan/AP

No comments:

Post a Comment