25 November 2011

Tentang Parenting

"Parenting is not a competition. Parenting is not an ego trip. Parenting is about making sure your Children are happy." (@BraveKidsVoices)


Saya suka sekali dengan kalimat itu. Cukup menohok. Sebagai orang tua baru di usia yang relatif muda, pastinya pernah mengalami perasaan-perasaan negatif semacam itu. Apalagi bila memiliki teman dengan anak yang seumuran. Terkadang ada perasaan iri atau malah bangga cenderung pamer dan sombong.

Tapi, benar sekali. Parenting memang bukanlah sebuah kompetisi, di mana ada yang menang dan ada yang kalah. Tidak perlu sedih bila anak lain bisa jalan lebih cepat, bicara lebih cepat, ataupun tumbuh gigi lebih cepat ketimbang anak kita sendiri. For sure, semua pasti ada waktunya sendiri. Don't push your self too hard and don't ever let your ego victimize your kid.

Sebaliknya, tidak perlu juga membangga-banggakan perkembangan anak sendiri hanya untuk membuat orang lain merasa iri. Tidak ada standar pasti dalam perkembangan anak. Setiap anak itu berbeda dan tidak perlu disama-samakan, tidak perlu dibanding-bandingkan.

Sekali lagi, perkembangan anak tidak bisa disamaratakan, tidak bisa dipaksakan. They're just different one to each other. Yang perlu kita lakukan hanyalah menjadi ibu yang sempurna buat anak kita sendiri, pastikan anak hidup dengan bahagia dan segala kebutuhannya terpenuhi. Tak perlu mencoba menjadi ibu yang sempurna di mata orang lain. Ini bukan kompetisi, bukan pula persaingan ego. Ini tentang usaha membesarkan dan mendidik anak sebaik-baiknya. Yeah, just that simple.

No comments:

Post a Comment