15 September 2008

Guillaueme Bonnety Berbagi Rahasia

DESERT dengan rasa segar dan manis merupakan penyempurna saat santap. Chocolate cake, tiramisu, blueberry cheesecake, strawberry mousse adalah di antara desert favorit saya. Shangri-La Jakarta memiliki pastry chef andalan. Dialah Guillaume Bonnety. Seorang pria yang lahir dan besar di Perancis. Semua penganan ringan maupun hidangan penutup super lezat di Shangri-La, mulai dari aneka roti, mini fruit tart, dan berbagai desert favorit saya tadi, maupun cinnamon bites yang menggugah selera merupakan hasil racikannya.

Beberapa waktu lalu, Bonnety memberikan kesempatan mengintip rahasia dapurnya. Dia menggelar cooking class dan membagi beberapa resep berbahan dasar cokelat. Di tangannya, membuat hidangan cokelat terlihat jauh lebih mudah dan sederhana.

Bonnety mengungkap tiga rahasia utama menjaga kualitas cokelat. Pertama, sekaligus meluruskan salah kaprah yang selama ini berkembang di masyarakat: jangan pernah memasukkan cokelat ke freezer. Melakukan hal itu sama saja merusak rasa dan aroma cokelat. Kedua, membuat penganan berbahan cokelat, yang perlu diperhatikan: lelehkan cokelat dengan baik dan benar. Itu bisa didapat bila cokelat dilelehkan dengan cairan yang benar-benar mendidih. Ketiga, simpanlah cokelat di tempat tertutup rapat. Tak perlu menggunakan aluminium foil, cukup plastic wrap yang steril dan higienis.

Selain itu, bahan dasar cokelat pun menjadi kunci utama kelezatan. Tiga bahan dasar pembentuk cokelat adalah gula, choco butter dan choco paste. Bonnety lebih banyak menggunakan cokelat dari Amerika Selatan, yang dianggap memiliki kualitas premium.

Bonnety menyarankan jangan sering mengonsumsi cokelat yang dijual di pasaran. Menurut pria bertato yang gemar scuba diving, fotografi dan menikmati keindahan alam ini, cokelat kemasan yang dijual di pasaran dan kerapkali dikonsumsi, kebanyakan rela mengorbankan kualitas demi harga relatif murah.

Meski menyaksikan membuat hidangan cokelat terlihat mudah, cepat dan sederhana, namun , kata Bonnety, bisa menciptakan hidangan cokelat tak sekadar enak. Juga sehat dan berpenampilan menarik, tidaklah semudah yang terlihat.

“Kita butuh mengenal beragam jenis cokelat, mencoba dan terus bereksperimen. Mencampurnya dengan berbagai bahan lain, seperti mangga, pear, jeruk atau apapun, yang penting terus mencoba,” katanya.

Bagi yang ingin mencoba menikmati cokelat dengan cara yang berbeda di rumah, Bonnety berbagi satu cara. Coba saja taruh potongan kecil dark chocolate (memiliki rasa dan aroma yang lebih pekat) di cangkir, tuangi dengan susu mendidih dan biarkan cokelat meleleh dengan sendirinya. Lalu aduk. Bila menyukai rasa yang lebih manis, tambahkan saja gula. Anda akan mendapatkan susu cokelat dengan rasa yang istimewa. Tak percaya? Silakan saja mencoba di rumah. Astri Istiana Ihsan

PS: Foto-fot cokelatnya ada di tulisan yang judulnya Chocolicious di SATOO

No comments:

Post a Comment